Melihat Sekilas Dunia Kerja Seorang Praktisi Public Relations dan Jurnalis Melalui Drama Korea
Seringkali sebagian dari kita meluangkan waktu untuk nonton film atau drama seri di tiap harinya untuk sekedar melepas bosan atau sebagai hiburan di kala penat. Serial drama Korea (drakor) bahkan akhir-akhir ini selalu menjadi sorotan bagi para penikmat film di tanah air.
Melihat dari sudut pandang yang berbeda, nonton drama juga ternyata bisa menambah pengetahuan dan wawasan dunia kerja. Kali ini yang akan dibahas adalah beberapa drama seri Korea yang memperlihatkan kejadian dunia kerja di bidang komunikasi khususnya Public Relations (PR) dan Jurnalistik yang menarik untuk diulas. Berikut ini beberapa serial drakor yang mengangkat kehidupan dunia PR dan jurnalis:
Introvert Boss
Drama yang muncul tahun 2017 ini menceritakan tentang seorang CEO (Chief Executive Officer) yang introvert atau pemalu, sekaligus pemilik sebuah perusahaan agensi public relations. Di dalam drama ini kamu akan mengetahui pentingnya kemampuan public speaking dan design thinking yang harus dimiliki oleh seorang CEO agar bisa tampil baik di hadapan publik dan juga klien.
Search WWW
Drama korea lain yang nggak kalah seru untuk mengetahui dunia Public Relations adalah Search WWW. Dari serial drama ini kamu bisa belajar tentang strategi media monitoring yang berkaitan erat dengan media relations dan strategi penulisan press release yang tepat sasaran. Meskipun dirasa mudah dan simpel, ternyata media monitoring bukan hanya sekedar googling berita saja, tetapi bagaimana kita bisa menganalisis SEO (Search Engine Optimization) yang baik, benar, dan tepat sasaran. Selain hal tersebut, kamu juga akan menemukan bagaimana menggunakan standby statement dalam penanganan crisis dari sebuah perusahaan.
Stranger
Serial drama bergenre kriminal ini, sangat menarik untuk ditonton buat para pecinta drakor sekaligus praktisi PR yang suka ngulik soal crisis. Dari tontonan drama ini kita bisa mengetahui bagaimana cara membangun sebuah personal branding dan cara mempertahankannya untuk mendapatkan citra diri dan reputasi yang baik di mata masyarakat dan rekan kerja. Sebagai seorang praktisi PR, personal branding tentunya menjadi nilai lebih karena hal tersebut bisa memperlihatkan seberapa besar kredibilitas kita di dunia kehumasan sehingga tingkat kepercayaan masyarakat maupun klien terhadap diri kita akan lebih tinggi.
Pinocchio
Serial drama Korea lainnya yang wajib kamu tonton adalah Pinocchio. Drama bergenre fantasi romantis dengan latar belakang cerita tentang dunia media dan kehidupan para jurnalis. Drama ini menampilkan kejadian di balik layar tentang alur produksi sebuah berita di televisi yang dimulai dari rapat redaksi, proses peliputan hingga proses editing. Meskipun bercerita tentang dunia jurnalistik, drama ini juga sangat relevan bagi para penggiat PR.
Sebagai seorang praktisi kehumasan, kamu pun harus mengetahui dan paham tentang kinerja para awak media. Tak dapat dipungkiri, PR dan jurnalis adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Keduanya saling membutuhkan satu sama lain. PR berperan untuk menciptakan cerita, sedangkan jurnalis berperan sebagai pengantar berita kepada khalayak. Setelah kamu memahami lebih dalam tentang kinerja para awak media, maka secara tidak langsung akan lebih mudah dalam menjalin relasi dengan mereka.
Ingin mengetahui lebih lanjut tentang Public Relations (PR) dan bagaimana PR bisa membantu brand ataupun perusahaan Anda? Kirimkan pertanyaan Anda ke email: info@seqara.id
Writer: Anggie Ghoniarachmandita
Editor: Syandra Monicha