PESO: Model Komunikasi Andalan Praktisi Public Relations
Sebagai praktisi komunikasi yang merancang strategi komunikasi untuk sebuah brand, salah satu cara menciptakan dan memetakan strategi komunikasi bisa dimulai dari merancang model PESO.
Model PESO merupakan sebuah gambaran besar cara berkomunikasi suatu organisasi yang mencakup seluruh saluran komunikasi. Model komunikasi PESO terdiri dari empat unsur yaitu Paid, Earned, Shared, and Owned. Meskipun pada kata PESO huruf “O” terletak di paling belakang, tetapi pada implementasinya, Owned harus dikerjakan terlebih dulu. Owned merupakan muara dari semua cerita atau informasi yang akan disampaikan oleh brand tersebut. Owned media dapat berupa website perusahaan dan akun media sosial brand.
Paid merupakan bentuk komunikasi berbayar seperti iklan atau influencer marketing. Earned merupakan komunikasi yang brand peroleh. Biasanya, komunikasi Earned diperoleh dengan pendekatan Public Relations seperti media relations dan press release distribution yang menghasilkan pemberitaan di media.
Berikutnya, Shared merupakan bentuk komunikasi yang bersifat shareable kepada sesama audiens. Untuk bergerak di kuadran Shared, praktisi Public Relations perlu melakukan pendekatan Digital PR dengan mengaktifkan media sosial brand atau melakukan pendekatan kepada komunitas yang memiliki kesamaan interest sehingga dapat membantu brand menyebarluaskan pesan yang disampaikan.

Mengacu pada model PESO, kita semakin paham bahwa Digital PR semakin memainkan peran penting dalam merancang strategi komunikasi. Strategi PESO bisa diimplementasikan untuk kegiatan Marketing Public Relations dan Corporate Public Relations.
SEQARA Communications, sebagai salah satu konsultan komunikasi di Indonesia, juga menerapkan strategi PESO untuk klien-kliennya, salah satunya AVITA. Jenama ini merupakan brand laptop global yang berkantor pusat di Hongkong, yang memasarkan produknya di Indonesia. Sebagai brand baru, tentunya AVITA memiliki tujuan untuk menghasilkan awareness kepada publik sehingga bisa diterima dengan baik oleh pasar.
Dalam hal ini, SEQARA Communications membantu AVITA untuk bisa menghasilkan Earned dan Paid Media. Earned Media diperoleh melalui wawancara dengan media teknologi dan bisnis serta penyebaran press release kepada media nasional dan daerah. Di sisi lain, SEQARA membantu menghubungkan AVITA dengan content creator di beberapa target daerah untuk aktivasi kegiatan influencer marketing.
Kini, tim Marketing Communications tidak perlu khawatir mengenai strategi komunikasi yang terintegrasi antara marketing dan Public Relations. PESO dapat menjawab kebutuhan serta mengukur efektivitas untuk setiap aktivitas yang dilakukan. Apabila brand kamu mau dibuatkan strategi komunikasi yang tepat menggunakan PESO model, silakan menghubungi kami via email di info@seqara.id atau follow Instagram (IG) @seqaracommunications
Penulis: Padma