Yuk, Kenali Brand Activation, Strategi Jitu Tingkatkan Brand Awareness!
Mumpung masih awal tahun, yuk kita brainstorm kira-kira strategi apa saja yang bisa dipakai oleh brand supaya makin cuan dan menjadi Top of Mind dibanding tahun sebelumnya
Supaya brand bisa menjadi Top of Mind konsumen ada banyak strategi untuk meningkatkan Brand Awareness, misalnya melalui Content Marketing, Influencer Marketing, Brand Activation, dan masih banyak lagi. Nah, kali ini kita akan mengenal lebih jauh strategi Brand Activation.
Mengenal Brand Activation
Menurut Prameswari (2019), Brand Activation merupakan salah satu strategi pemasaran yang memberikan pengalaman unik dan berkesan kepada pelanggan dalam bentuk campaign, event, maupun interaksi lainnya. Proses ini melibatkan penggabungan sumber komunikasi kreatif sehingga konsumen mempunyai pengalaman menarik terhadap suatu brand.
Brand Activation merupakan langkah tepat untuk mengenalkan produk serta mendapatkan feedback secara langsung dari audiens atau target market. Menurut penelitian yang dilakukan Sukabhakti dkk (2015) pada brand produk SIM Card IM3, Brand Activation berpengaruh 41,4% pada tingkat Brand Awareness subjek penelitian daripada pengaruh iklan dan efek komunitas.
Selain berpengaruh pada Brand Awareness, Brand Activation juga berpengaruh pada Brand Image. Hal ini terjadi pada Whitelab yang membuat Brand Activation berjudul “Unveil the New Whitelab” dengan menggandeng anggota boy group EXO, Sehun. Menurut penelitian Iswadi dkk (2023), kegiatan Brand Activation ini telah berpengaruh sebesar 80,1% terhadap Brand Image Whitelab.
Wah, menarik sekali, bukan? Brand kamu tertarik sama Brand Activation? Yuk, intip kegiatan Brand Activation dari sederet brand ternama ini sebagai inspirasi brand Anda!
Contoh Brand Activation Sukses
- Festival Jajanan Bango (Bango)
Source: Republika dan Kumparan
Hayo, siapa yang tahun ini sudah punya rencana ke Festival Jajanan Bango?
Festival Jajanan Bango (FJB) merupakan program tahunan Kecap Bango. Kegiatan ini berkonsep festival makanan, di mana pengunjung bisa menyantap kuliner lokal yang menggunakan produk Kecap Bango. FJB memaksimalkan brand experience dari pengunjung yang datang dengan membuat mereka mencicipi setiap masakan yang menggunakan Kecap Bango. Hal ini bisa menumbuhkan minat beli mereka sebab sudah mengetahui cita rasa dan kualitas dari Kecap Bango.
- Sunset di Kebun (Kebun Raya)
Source: Instagram Sunset di Kebun (@sunsetdikebun)
Sunset di Kebun merupakan terobosan baru dari Kebun Raya. Melalui kegiatan ini, Kebun Raya menggandeng sederet musisi ternama untuk melakukan konser intimate di alam terbuka Kebun Raya. Pengalaman unik ini sukses menarik perhatian audiens sehingga menaikkan kunjungan di Kebun Raya yang tersebar di beberapa kota. Kalau kamu sudah pernah ke Sunset di Kebun belum?
- GeroBARD Keliling (Google BARD)
Source: Instagram Rapot (@_rapot) dan Instagram Sibungbung (@sibungbung)
BARD merupakan Artificial Intelligence yang diluncurkan oleh Google. Untuk menaikkan brand awareness BARD, Google Indonesia membuat sebuah Brand Awareness yang unik yaitu mensosialisasikan BARD di CFD dengan konsep gerobak keliling. Konsep ini memungkinkan pengunjung untuk mencoba BARD langsung.
Selain itu, Google Indonesia juga melakukan Digital Activation dengan menggandeng sejumlah influencer ternama untuk menyukseskan acara dan melakukan content marketing di media sosial Google Indonesia. Kalau kamu jadi tertarik mencoba BARD belum?
Tiga kegiatan Brand Activation ini sukses mengenalkan brand dan produk kepada audiens mereka. Dari sini, kita dapat belajar bahwa selain mengusung konsep unik, kegiatan Brand Activation perlu menarik banyak pengunjung untuk berinteraksi bersama brand.
Lalu, bagaimana cara menarik minat audiens untuk mencoba Brand Activation?
Yup, salah satu caranya adalah dengan praktik Public Relations! Di sini, brand harus menyebarkan informasi sebanyak-banyaknya kepada target audiens melalui saluran komunikasi yang tepat, salah satunya adalah media.
Nah, di sinilah peran Media Relations diterapkan. Dengan membina hubungan baik bersama rekan media, brand akan mudah menyebarkan informasi Brand Activation, melalui rilis atau artikel. Selain itu, brand juga akan lebih mudah mengajak rekan media berkunjung ke kegiatan Brand Activation guna melakukan peliputan karena pengalaman akan membantu rekan-rekan media untuk lebih mudah menceritakan produk atau layanan kepada pembaca mereka.
Setelah itu, apa yang harus dilakukan? Hasil artikel yang ditulis media bisa dikumpulkan oleh brand, lalu dianalisis melalui kegiatan Media Monitoring. Dari kegiatan ini, brand akan mampu melihat, mengukur, dan mengevaluasi program komunikasi yang baik dari artikel tersebut dengan melibatkan outtakes, seperti respon, komentar positif, dan share content.
Lalu, di atas itu ada Impact, yaitu pemahaman audiens, perubahan perilaku audiens, dan lain sebagainya. Standar pengukuran di industri PR saat ini adalah dengan menggunakan International Association for Measurement and Evaluation of Communication (AMEC). Melalui AMEC, praktisi PR dapat melakukan pengukuran program komunikasi yang strategis dan terarah serta lebih mudah untuk menentukan langkah atau strategi selanjutnya.
SEQARA Communications, sebagai konsultan komunikasi di Indonesia, juga telah menerapkan standar AMEC dalam layanannya. Dengan standar dan pengukuran yang tepat, SEQARA bisa membantu brand kamu dalam merancang strategi komunikasi yang terarah dan menghasilkan impact terbaik. Yuk, hubungi SEQARA Communications dan konsultasikan kebutuhan brand kamu!
Penulis: Padmarani Syandina
Reference:
Iswadi, L., Jamiati., & Handoko, D. (2023). Pengaruh Brand Activation Terhadap Brand Image Whitelab (Survei pada Pengunjung Unveil the New Whitelab). TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial dan Humaniora, 1 (4), 89-107. https://e-journal.nalanda.ac.id/index.php/TUTURAN/article/view/509/484
Sukabhakti, B.., Widiartanto, W., & Dewi, R.. (2015). Pengaruh Daya Tarik Iklan, Efek Komunitas, Dan Brand Activation Terhadap Brand Awareness Simcard GSM Pra Bayar IM3 (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Sarjana FISIP Undip Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(3), 371-381. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/8934
Prameswari, A. (2019). Strategi Brand Activation Untuk Meningkatkan Brand Awareness (Studi Kasus Event Dextone Goes To School Di Sekolah Dasar Negeri 13 Jakarta Utara). (Skripsi Sarjana, Universitas Bakrie). https://repository.bakrie.ac.id/2587/5/04%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf