Samsung dan Google Pixel Juarai Hati Konsumen Indonesia, Tapi Maukah Bayar Lebih Mahal?
Jakarta, 17 Juli 2024 – Survei terbaru dari Reasense, divisi riset SEQARA Communications, mengungkapkan preferensi konsumen Indonesia terhadap perangkat smartphone berteknologi Artificial Intelligence (AI). Survei cepat atau quick survey ini melibatkan lebih dari 100 responden yang mewakili konsumen di berbagai kota di Indonesia melalui komunitas pengguna smartphone. Hasil survei menunjukkan bahwa Samsung (29%) dan Google Pixel (27,5%) menjadi smartphone dengan fitur AI terbaik, diikuti oleh Apple (20,3%) dan OPPO (18,8%).
Lebih lanjut, survei Reasense ini juga menemukan bahwa 18,8% konsumen bersedia untuk membayar lebih untuk mendapatkan smartphone AI yang lebih canggih. Namun demikian, 66,7% responden lainnya menyatakan bahwa mereka masih mempertimbangkan untuk membayar lebih, tergantung pada fitur AI yang ditawarkan oleh produsen smartphone.
Aryo Meidianto A, selaku Analis Pasar Smartphone & Senior Consultant di SEQARA Communications, menjelaskan, “Survei ini menunjukkan bahwa konsumen Indonesia semakin sadar potensi teknologi AI dalam sebuah smartphone. Mereka menginginkan smartphone yang dapat membantu berbagai aktivitas sehari-hari, seperti mengoptimalkan performa, meningkatkan efisiensi, dan personalisasi pengalaman pengguna.”
Survei ini memberikan gambaran awal tentang preferensi konsumen Indonesia terhadap perangkat smartphone AI. Seiring dengan perkembangan teknologi AI dan meningkatnya edukasi publik, diharapkan adopsi smartphone AI akan semakin meluas di Indonesia dalam beberapa tahun mendatang.
*****
Tentang SEQARA
SEQARA Communications adalah Agensi Komunikasi Terpadu yang menawarkan berbagai layanan seperti Hubungan Masyarakat, Komunikasi Pemasaran Digital/Media Sosial, Manajemen Acara, dan Strategi Konten. Kami berfokus pada kesuksesan klien untuk mencapai tujuan komunikasi yang memberikan dampak positif terhadap bisnis perusahaan. SEQARA Communications telah dipercaya oleh berbagai brand, pemerintah, dan lembaga internasional untuk mendukung aktivitas komunikasi mereka.
Tentang Reasense
Reasense adalah divisi riset dari SEQARA Communications. Reasense dilahirkan dengan tujuan untuk membantu brand maupun institusi dalam memahami pasar, pelanggan, dan pesaing sebagai bagian dari penyusunan strategi komunikasi yang tepat sasaran dan berdampak positif terhadap citra perusahaan maupun bisnis perusahaan. Reasense melakukan penelitian untuk semua industri, baik B2B maupun B2C menggunakan metode kuantitatif maupun kualitatif, sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai oleh klien.