Belajar Skill Public Relations dari Karakter Anime
Public Relations (PR) atau Humas diminati karena perannya yang cukup strategis dalam suatu instansi atau organisasi untuk mengkomunikasikan pesan ke masyarakat. Karena posisinya yang cukup strategis, seseorang yang berprofesi sebagai PR memerlukan wawasan yang luas dan selalu update dengan isu-isu terkini. Untuk menjadi seorang praktisi PR yang andal dibutuhkan beberapa skill mulai dari dasar yang bisa didapatkan lewat bangku perkuliahan hingga tambahan ilmu dari seminar, kursus, atau ketika bekerja. Pada hakikatnya, inspirasi dan ilmu pengetahuan di bidang kehumasan bisa diperoleh dengan banyak cara. Bahkan, banyak orang yang mendapatkan inspirasi dan ilmu pengetahuan PR dari film animasi Jepang atau anime.
Anime adalah animasi khas Jepang, yang biasanya mengangkat cerita dari manga (komik Jepang) ataupun dari ide asli sang kreatorsendiri. Film animasi yang berasal dari Negeri Sakura ini sangat digandrungi khususnya bagi kalangan remaja. Cerita yang menarik dan variatif sertamemotivasi merupakan daya tarik anime itu sendiri untuk mengisi waktu di kala bosan. Sama seperti jenis film lain, menonton anime juga bermanfaat seperti, menghilangkan bosan, menambah pengetahuan, memberikan inspirasi dan motivasi, bahkan dapat meningkatkan keterampilan berbahasa Jepang. Seiring dengan perkembangan zaman, serial anime kinidapat diakses dengan lebih mudah dan cepat. Banyak situs di internet yang menyediakan streaming film Anime secara legal seperti Crunchyroll.com, Netflix, Hulu, iflix, dan juga YouTube. Kesemuanya dapat diakses dengan menggunakan SmartTV, laptop atau smartphone.
Anime bukan semata konsumsi anak-anak kecil. Banyak tokoh terkenal dunia yang secara terbuka menggandrungi film kartun dari negara matahari terbit ini. Penyanyi dan rapper kondang Kanye West adalah salah satu penggemar anime. Seperti dilansir dari vice.com, West mengaku sangat menyukai Akira, salah satu anime Jepang yang dimasukkannya ke dalam video clip Stronger. Tidak hanya West, pengusaha dan miliarder pemilik Tesla, Elon Musk juga menyukai film anime. Di akun Twitter miliknya, Musk memposting trailer dari Kimi no Nawa.
Lantas apa yang membuat kedua orang hebat itu sangat tergila-gila dengan animasi dari Jepang itu? Bagaimana sebuah tokoh anime berkaitan dengan skill di bidang kehumasan? Yuk kita kupas beberapa diantara tokoh anime berikut:
1. Belajar Skill Komunikasi dan Diplomasi dari Leuloch Lamperouge
Komunikasi adalah skill yang mutlak harus dimiliki seorang PR terutama untuk mempengaruhi orang. Frank Jefkins, seorang pakar dan akademisi PR, memaparkan bahwa Public Relations adalah semua bentuk komunikasi yang terencana, baik itu ke dalam maupun ke luar, antara suatu organisasi dengan khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik berlandaskan rasa saling pengertian. Dari pemaparan Jefkins tersebut, PR dan Komunikasi menjadi satu keterikatan yang tidak bisa dipisahkan. Komunikasi di sini tidak hanya disampaikan secara lisan, tetapi bisa melalui tulisan atau bahkan bisa disampaikan dengan cara nonverbal. Untuk melihat contoh bagaimana cara orang pandai berkomunikasi, mungkin bisa melihat tokoh utama dari Code Geass, Leuloch Lamperouge. Sang tokoh menggunakan komunikasi sebagai alat untuk mempengaruhi orang-orang agar menjadi pengikutnya dan berdiplomasi dengan musuh dan sekutu untuk mencapai kesepahaman.
2. Mencontoh Sifat Kepemimpinan dari Mitsuyoshi Anzai
Seorang PR dituntut untuk memiliki skill kepemimpinan dan mampu memimpin suatu kelompok maupun organisasi. Tujuan dari kepemimpinan tidak jauh dari tujuan komunikasi, yang mana melekat pada profesi PR. Komunikasi dan kepemimpinan dilakukan dengan maksud untuk mempengaruhi orang demi tercapainya suatu tujuan. Karakter pemimpin bukan suatu bakat bawaan lahir dari seseorang, tetapi merupakan suatu proses yang bisa dipelajari. Mitsuyoshi Anzai salah satu karakter yang tepat untuk dijadikan contoh. Tokoh ini memiliki strategi brilian dan dapat mengangkat moral seseorang. Oleh karena kemampuannya, Anzai sangat dihormati semua orang. Masa lalu yang kurang menyenangkan merupakan suatu proses yang membuat salah satu karakter dari Slam Dunk ini menjadi disegani setiap orang.
3. Berpikir Strategis dan Berwawasan Luas Seperti Shikamaru Nara
Nara Shikamaru adalah sahabat dari Uzumaki Naruto yang terkenal dengan kepintarannya dalam menyusun rencana yang strategis demi kemenangan desanya. Seorang praktisi PR juga dapat belajar bagaimana berpikir strategis untuk menentukan posisi suatu lembaga atau instansi. Selain itu, seorang praktisi PR dituntut untuk mempunyai wawasan yang luas agar dapat mengetahui bahkan, memprediksi sebuah tren yang ada kaitan dengan industri yang dijalaninya. Kemampuan ini juga sangat berguna untuk menyusun strategi komunikasi yang akan dijalankan untuk klien.
4. Kerja Sama Tim Yang Kuat ala Timnas Jepang Dalam Serial Kapten Tsubasa
Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh, istilah yang menggambarkan bagaimana kerja sama tim sangat penting demi mencapai tujuan bersama. Manusia tidak akan bisa hidup seorang diri dan membutuhkan orang lain agar tujuan hidupnya tercapai. Keberhasilan suatu program PR pun ditentukan seberapa kekompakan timnya dalam mengeksekusi di lapangan. Kekompakan tim cukup berat jika ego dari masing-masing anggota sangat tinggi. Timnas Jepang dalam serial Kapten Tsubasa merupakan contoh kumpulan orang yang bertalenta namun harus bisa meredam ego masing-masing demi membawa Jepang menjadi juara dunia. Hal yang mereka lakukan di lapangan layak dijadikan contoh bagi seorang PR dalam berinteraksi dengan sesama timnya.
5. Ramah Seperti Butler Vampire Sebastian Michaelis
Menjadi perwakilan suatu instansi atau organisasi menuntut PR untuk bersikap ramah dengan para stakeholder atau para pemangku kepentingan. Reputasi dari instansi maupun organisasi tergantung dari PR menjalin hubungan dengan media, komunitas, konsumen, sampai pemerintah. Untuk membuat relasi dengan mereka dibutuhkan sifat ramah dari seorang PR. Ramah yang dimaksud di sini adalah menarik budi bahasanya, bagus tutur katanya, elegan sikapnya dan selalu welcome dengan setiap orang karena sikap-sikap itu menjadi kunci dalam membangun hubungan sosial dengan baik. Sebastian Micahelis adalah sosok yang tepat untuk dijadikan contoh untuk bersikap ramah. Karakter dari serial Black Butler ini sangat pandai untuk bersikap elegan dan bertutur kata yang manis pada orang terdekat dan orang yang baru dikenalnya.
Dari gambaran anime di atas, untuk menjadi seorang praktisi PR yang andal tidak hanya melulu berbekal ikmu komunikasi dari bangku kuliah. Skill atau keahlian yang disebutkan merupakan hasil dari proses belajar dan pengalaman, tidak ada proses yang instan. Agar program PR dapat berjalan dengan baik dibutuhkan kerja sama tim, yang dipimpin oleh orang yang pemikirannya strategis dan berwawasan luas, yang bisa mengkomunikasikan gagasannya terhadap orang lain dan juga pandai bersikap agar gagasan itu bisa diterapkan dalam pekerjaan.
Written by: Dayen Samanzyi – Seqara