Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) akan semakin umum digunakan di berbagai industri, termasuk marketing dan public relations, pada tahun 2025. Teknologi ini membantu bisnis dan memberikan peluang bagi merek Business to Business (B2B) untuk mengutamakan hubungan manusia di dunia digital. Namun, banyak orang merasa lelah dan skeptis terhadap AI karena narasi media yang berulang. […]
Dalam bisnis modern, komunikasi efektif sangat penting untuk keberhasilan merek. Banyak orang bingung antara PR (Public Relations) dan komunikasi, walaupun keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu memperbaiki pandangan audiens terhadap brand atau merek. PR berfokus pada pengelolaan reputasi perusahaan melalui media dan persepsi publik, sementara komunikasi mencakup cara dan pesan yang disampaikan, baik di dalam […]
Pentingnya manajemen public relations dalam industri hiburan di tanah air untuk mencegah krisis yang semakin meluas Belakangan, baik di media maupun sosial media ramai kasus mengenai pernyataan seorang pemain film yang memberikan pernyataan yang menuai kontroversi beberapa hari sebelum film tersebut dirilis. Kasus ini tersebut melibatkan Mohammad Abidzar Al-Ghifari, seorang artis muda yang dikenal melalui […]
Mendeteksi konten yang dihasilkan oleh AI (kecerdasan buatan) dapat menjadi tugas yang sulit. Seiring meningkatnya model AI, semakin sulit mengetahui apa sebenarnya yang dilihat orang secara daring. Untuk mengatasi masalah ini, komunikator harus fokus pada peningkatan literasi media konsumen dan industri, membekali mereka dengan keterampilan yang mereka butuhkan untuk memahami perbedaan antara fakta dan fiksi. […]
Seiring perkembangan teknologi dan industrialisasi, kondisi bumi terlihat semakin mengkhawatirkan. Contohnya seperti perubahan pola cuaca ekstrim pada akhir tahun 2023. Akhir tahun yang identik sebagai awal musim hujan, justru terasa sangat panas hingga menyebabkan kekeringan di beberapa wilayah Indonesia. Kondisi ini disebabkan oleh peningkatan emisi karbon. Emisi karbon menimbulkan efek rumah kaca sehingga terjadi kenaikan […]
Komunikasi menjadi kunci utama meraih kesuksesan organisasi atau perusahaan. Kata komunikasi atau talimarga adalah suatu proses ketika seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Komunikasi juga tidak hanya sebatas hubungan percakapan antara atasan dan bawahan, namun mencakup komunikasi eksternal seperti masyarakat luas. Tetapi, […]
Hubungan masyarakat (public relations) adalah proses komunikasi strategis yang membangun hubungan yang saling menguntungkan antara organisasi dan publiknya. Sementara itu, penulisan naskah (copywriting) menggunakan kata-kata untuk mempromosikan suatu produk, layanan, atau ide. Penulisan naskah merupakan kekuatan pendorong di balik iklan yang menghasilkan konversi tinggi, email yang persuasif, dan posting media sosial yang menarik. Baik hubungan […]
Tahun 2024 bisa dibilang tahunnya Kecerdasan Buatan atau AI (Artificial Intelligence). Semua hal terkait produk dan periferal yang dirilis pada tahun ini membawa kemampuan AI sebagai salah satu fitur jualan. Kecerdasan buatan menjanjikan kemudahan dan kecepatan, namun di sisi lain muncul kekhawatiran tergantikannya peran manusia di segala bidang. Begitu pula di industri PR (Public Relations), […]
Menjelang tahun 2025, lanskap kehumasan akan mengalami perubahan signifikan yang didorong oleh kemajuan teknologi dan ekspektasi konsumen yang terus berkembang. Belanja pasar, situasi ekonomi dan politik dunia, serta ketidakpastian menjadi faktor-faktor yang berpengarug terhadap bisnis dan kehumasan di tahun depan. Berikut enam tren yang dirangkum SEQARA Communications, yang akan membentuk industri PR di Indonesia dan […]
Dunia bisnis tidak pernah lepas dari risiko. Risiko yang dihadapi bisnis bisa beragam, seperti risiko keuangan, risiko pemasaran, risiko operasional, risiko sumber daya manusia, dan risiko pasar. Salah satu risiko yang seringkali dianggap remeh dan tidak diperhitungkan adalah krisis. Padahal, krisis yang tidak ditangani dengan baik dapat berdampak sangat buruk bagi reputasi dan kinerja perusahaan. […]
Saat ini, brand telah dimudahkan dengan berbagai teknologi digital untuk memasarkan produk. Terlebih lagi, penggunaan media sosial menjadi sarana ampuh dalam membangun brand awareness kepada target pasar sekaligus dinilai efektif untuk mempromosikan sebuah produk. Lalu, apakah masih penting bagi brand untuk menjalin hubungan bersama media? Setiap brand tentu memiliki strategi tersendiri dalam mengembangkan bisnis. Strategi […]
Dalam lanskap bisnis yang semakin kompetitif, perusahaan tidak hanya berlomba untuk menghasilkan produk atau layanan terbaik, tetapi juga harus membangun reputasi yang kuat. Seperti yang pernah dilontarkan oleh Warren Buffet, CEO Berkshire Hathaway melalui kutipannya: “Dibutuhkan waktu 20 tahun untuk membangun reputasi dan lima menit untuk menghancurkannya. Jika Anda memikirkannya, Anda akan melakukan hal-hal yang […]
Beberapa bulan lalu, dunia maya dihebohkan oleh pengakuan seorang fighting game developer Katsuhiro Harada yang memiliki ide untuk menjadikan maskot Kentucky Fried Chicken (KFC), Kolonel Sanders, menjadi salah satu karakter dalam game Tekken terbaru. Berita ini tentu saja menimbulkan sebuah pertanyaan, mengapa sebuah maskot brand fast food bisa menjadi sepenting itu? Lebih jauh lagi, maskot […]
Setiap brand berlomba-lomba menjadi top of mind bagi para konsumen. Berbagai program customer experience hingga customer loyalty ditawarkan demi merebut hati dan kesetiaan konsumen, namun bagaimana sejatinya brand mengukur pemahaman konsumen dan mengetahui apa yang ada di benak konsumen tentang dirinya? Riset pasar dapat menjadi salah satu jawabannya, namun hal ini belum tentu menunjukkan kedalaman […]
Setiap tahun berbagai pabrikan dan brand smartphone berlomba untuk merilis perangkat mereka untuk konsumen umum. Masing-masing hadir dengan fitur yang menggoda orang untuk membeli. Lalu, dari sisi konsuen, kira-kira brand smartphone apa saja yang menjadi pilihan mereka jika ingin membeli perangkat dalam 6 bulan ke depan? Riset terbaru dari Reasense, sebuah divisi riset dari SEQARA Communications, menyebutkan ada 4 brand yang […]
Sebagai makhluk sosial, manusia memiliki naluri untuk hidup berkelompok. Dalam kelompok, manusia saling berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk mencapai tujuan bersama. Namun, jika dinamika kelompok diatasi dengan buruk, maka hal tersebut dapat menjadi salah satu alasan penurunan kinerja anggota kelompok. Hal tersebut tanpa kita sadari juga terjadi dalam sebuah tim kerja di kantor. Lalu, bagaimana […]
Mumpung masih awal tahun, yuk kita brainstorm kira-kira strategi apa saja yang bisa dipakai oleh brand supaya makin cuan dan menjadi Top of Mind dibanding tahun sebelumnya Supaya brand bisa menjadi Top of Mind konsumen ada banyak strategi untuk meningkatkan Brand Awareness, misalnya melalui Content Marketing, Influencer Marketing, Brand Activation, dan masih banyak lagi. Nah, […]
Sebagai praktisi komunikasi yang merancang strategi komunikasi untuk sebuah brand, salah satu cara menciptakan dan memetakan strategi komunikasi bisa dimulai dari merancang model PESO. Model PESO merupakan sebuah gambaran besar cara berkomunikasi suatu organisasi yang mencakup seluruh saluran komunikasi. Model komunikasi PESO terdiri dari empat unsur yaitu Paid, Earned, Shared, and Owned. Meskipun pada kata […]
Sebuah perusahaan tentu ingin menghasilkan profit pada bisnisnya. Oleh karena itu, perusahaan perlu menyusun serangkaian langkah strategis saat membangun bisnis. Langkah-langkah tersebut biasanya akan dieksekusi oleh tim Marketing Communications dalam perusahaan untuk memasarkan produk atau jasanya. Meski berfokus pada marketing atau pemasaran, sebenarnya tim Marketing Communications juga harus menguasai ilmu Public Relations atau kehumasan. Saat […]
Dalam era digital yang penuh dengan informasi melimpah dan seringkali membuat orang lebih mudah untuk terdistraksi/gagal fokus dengan hal-hal kecil seperti notifikasi ponsel, maka membuat langkah untuk merebut perhatian orang dalam hitungan detik pertama menjadi tugas yang semakin menantang. Di sinilah peran konsep “Hook Point” dari Brendan Kane hadir sebagai senjata rahasia dalam pemasaran digital. […]
Dari kasus ACT, Tahapan Apa Saja Sih yang Harus Dilakukan demi Menyelamatkan Reputasi Organisasi atau Perusahaan? “It takes 20 years to build a reputation and five minutes to ruin it. If you think about that, you’ll do things differently.” – Warren Buffett Dalam industri Public Relations (PR), core atau basic dari PR adalah untuk influencer, […]
Academy Award atau yang biasa kita kenal sebagai Piala Oscar adalah sebuah perhelatan bergengsi dari Amerika Serikat yang diadakan untuk menghargai karya para pelaku dalam industri film di seluruh dunia. Selama 93 tahun berlangsung, banyak kejadian dan cerita menarik yang pernah terjadi dalam acara besar ini. Ajang 94th Academy Awards yang berlangsung di Dolby Theatre […]
Public Speaking adalah ilmu yang sangat penting dalam dunia Public Relations atau kehumasan. Sebagai “wajah” dari sebuah institusi maka seorang praktisi Humas (Hubungan Masyarakat) sudah seharusnya bisa berbicara dengan baik di hadapan publik. Lalu apa sebenarnya Public Speaking itu? Public Speaking adalah sebuah cara menyampaikan pesan atau informasi di depan khalayak umum. Menurut berbagai sumber, […]
Seringkali sebagian dari kita meluangkan waktu untuk nonton film atau drama seri di tiap harinya untuk sekedar melepas bosan atau sebagai hiburan di kala penat. Serial drama Korea (drakor) bahkan akhir-akhir ini selalu menjadi sorotan bagi para penikmat film di tanah air. Melihat dari sudut pandang yang berbeda, nonton drama juga ternyata bisa menambah pengetahuan […]
Public Relations (PR) atau Humas diminati karena perannya yang cukup strategis dalam suatu instansi atau organisasi untuk mengkomunikasikan pesan ke masyarakat. Karena posisinya yang cukup strategis, seseorang yang berprofesi sebagai PR memerlukan wawasan yang luas dan selalu update dengan isu-isu terkini. Untuk menjadi seorang praktisi PR yang andal dibutuhkan beberapa skill mulai dari dasar yang […]
Public Relations (PR) atau kehumasan memilki peran penting sebagai “penyambung lidah” dari institusi, perusahaan, brand, atau lembaga dalam menyampaikan pesan ke publik melalui peran media. Press conference atau konferensi pers menjadi salah satu cara yang efektif untuk menyampaikan pesan tersebut biasanya terkait peluncuran produk atau layanan terbaru, kampanye terbaru, business update, media gathering dan yang […]
As digital technology continues to advance, individuals and communities alike will change the way they engage with digital media, hence calling for a change within the marketing approach used by businesses. The Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) states that digital advancements play a large role in aiding countries in various sectors; such as […]
What Is a Press Kit or Media Kit?A media kit, sometimes called a press kit, is simply an information packet about a business or product. It is called a media kit or a press kit because many times potential advertising mediums will ask for more information on the potential advertiser. Since most of this advertising […]
Press conferences are media events. They are designed to either get positive press coverage of an announcement by your organisation, perhaps of a new policy, product or service, or to limit negative coverage of a problem or disaster. Press conferences are unlike any other presentation opportunity, and the repercussions can be serious if you mess […]
For a new business, getting the word out and promoting the startup is a crucial part of success, but it can also be costly. Not all startups have the funding to hire a PR firm to put together the strategies, media kits and press releases you need for promotion. The good news is there are […]
Content is key to getting your small business noticed online. The creation and distribution of content has become such a significant aspect of effective marketing that it requires a high place in the strategy conversation in almost every business. Some might go as far as to suggest content marketing has become the most effective way […]
Overall, 2016 was a year filled with changes and advancements in the digital space. We saw the introduction of ephemeral content on Instagram, changes in Google AdWords, innovations in live streaming, algorithm updates, and an overall increased focus on unique, creative content marketing. It may seem like a lot to stay on top of, but […]
Considering that public relations now relies so much on digital media – which makes great strides every few years – it’s no surprise that 2017 will bring some changes to the tools and tactics in the PR industry. If you want to get the best results on your branding efforts, you need to stay updated […]